Apa itu Web Security? Definisi dan Penjelasannya

PilihMana.Id | Apa itu Web Security? –¬†Seberapa Pentingnya Web Security untuk sebuah Website? Keamanan Website, Keamanan Aplikasi Web, Membuat Website yang Aman, Belajar Security Web, Masalah Keamanan Website.

Apa itu Web Security? Apa Pentingnya Web Security?

Bagaimana Anda sebagai pemilik situs web memastikan bahwa situs web Anda aman? Lebih penting lagi, apa itu keamanan web?

Keamanan web adalah frase kumulatif untuk semua metode dan ukuran yang dapat Anda gunakan dan terapkan untuk menjaga file di belakang situs web Anda dan data pelanggan Anda aman. Keamanan harus dibangun di situs web Anda dari awal, tetapi sistem tertentu, seperti WordPress, memungkinkan Anda untuk dengan mudah memasang tindakan keamanan kapan saja dengan sedikit atau tanpa biaya. Potongan besar pos ini berorientasi pada WordPress, tetapi beberapa poin relevan untuk semua jenis situs web.

Inilah cara Anda menguji keamanan situs web saat ini dan berpotensi meningkatkannya sendiri. Kami juga menyertakan daftar area tambahan yang mungkin ingin Anda sampaikan ke tim web Anda untuk memastikan bahwa situs web Anda aman.

Baca Juga: Pentingnya Web Security Untuk Sebuah Website

Dasar-dasar Web Security: Kata Sandi Anda

Tak perlu dikatakan lagi, Anda perlu menggunakan nama pengguna dan kata sandi yang kuat. Untuk menempatkan cara lain keamanan web di tempat ketika situs web Anda dapat diakses melalui username ‘admin’ dan kata sandi ‘qwerty’ adalah waktu, usaha dan uang yang terbuang sia-sia.

Prosedur umum di situs web saat ini adalah memaksa pengguna situs web menggunakan alamat email mereka sebagai nama pengguna, atau memastikan bahwa nama pengguna mereka mengikuti pola yang ketat. Di sebagian besar situs web hari ini, Anda diminta untuk membuat nama pengguna atau membuat kata sandi yang kuat yang berisi ‘setidaknya satu karakter, satu nomor dan satu karakter khusus’.

Salah satu alasan utama di balik ini, terutama untuk kata sandi, adalah ‘ tabel pelangi ‘. Situs web Anda harus mengenkripsi kata sandi, sehingga jika ada yang berhasil mencuri kata sandi dari basis data Anda, mereka diberi string seperti ‘5f4d43b5aa765d61d8327deb882cf99’ bukan ‘kata sandi’. Tabel pelangi pada dasarnya adalah daftar dikompilasi besar dari string angka / angka ini sehingga peretas dapat membalikkan proses enkripsi dan mengambil kata sandi Anda. Jika kata sandi Anda tidak umum, mengandung karakter dan angka khusus, ini membuatnya lebih sulit untuk diuraikan.

Kesimpulan : gunakan kata sandi yang kuat, tetapi Anda mungkin sudah tahu itu.

Pembaruan Inti & Plugin

Serta fitur baru, pembaruan untuk aplikasi, plugin, dan kerangka kerja sering kali disertai dengan perbaikan keamanan dan penyempurnaan. Sangat penting Anda tetap di atas pembaruan Anda untuk memastikan bahwa situs web Anda seaman mungkin.

Kerangka kerja seperti WordPress membuat pembaruan sesederhana mungkin. Selalu pastikan untuk mem-backup file situs web Anda dan database terkait sebelum melakukan pembaruan apa pun (Anda mungkin memerlukan bantuan desain web / pengembangan atau perusahaan hosting pilihan Anda untuk melakukan backup penuh).

HTTPS & Keamanan SSL

Di masa lalu, URL untuk situs web yang akan Anda kunjungi akan dimulai dengan http: // www. atau cukup http: //. HTTP berdiri Hypertext Transfer Protocol dan itu adalah fondasi komunikasi data melalui World Wide Web. Hari ini, kami memiliki HTTPS, yang mengamankan koneksi antara Anda, pengguna situs web, dan situs web itu sendiri. Tujuannya adalah mencegah pihak ketiga mencegat data apa pun tentang Anda saat Anda menjelajah.

Bagian dari mengamankan koneksi antara situs web Anda dan pengunjung situs web Anda melibatkan ‘Sertifikat SSL’. Melalui proyek seperti Lets Encrypt, Anda dapat mengatur sertifikat SSL dan protokol HTTPS di situs web Anda benar-benar gratis. Prosesnya bisa sedikit teknis, jadi ada baiknya memiliki seseorang dengan beberapa pengalaman web dekat tetapi Anda dapat mencapai penyiapan sendiri.

Sebagai alternatif, Anda dapat membeli sertifikat SSL melalui penyedia hosting Anda. Jika situs web Anda dipesan lebih dahulu, yaitu tidak pada kerangka kerja seperti WordPress, Anda harus bekerja dengan biro web untuk mentransfer situs web Anda ke keamanan HTTPS lengkap. Untuk WordPress, Anda dapat menggunakan plugin seperti Really Simple SSL yang akan mengonfigurasi situs untuk Anda.

Ini juga perlu diingat bahwa raksasa web Google telah mulai menempatkan ‘Tidak Aman’ di situs web HTTP , dan Mozilla, pembuat Firefox, bertujuan untuk menghentikan HTTP sepenuhnya .

Harap Diperhatikan: HTTPS dan SSL adalah bagian dari keamanan web, tetapi mereka sendiri tidak memastikan bahwa situs web Anda seaman mungkin. Terus membaca.

Firewall Web (WAF)

Sama seperti komputer Anda harus memiliki firewall dan anti-virus, situs web Anda memerlukan firewall juga. Kadang-kadang disebut sebagai ‘Aplikasi Web Firewall’ atau ‘WAF’.

Firewall yang kuat akan melindungi situs web Anda dari serangan umum dan eksploitasi kerentanan. Anda mungkin tidak menggunakan banyak atau banyak plugin sebagai bagian dari situs web Anda, tetapi bahkan kerangka situs web pun rentan terhadap peretasan. Pada bulan Februari 2017, kerentanan ditemukan di kerangka inti WordPress 4.7 dan 4.7.1 yang memungkinkan peretas mengubah konten situs web Anda. Terlepas dari seberapa besar atau kecilnya situs web Anda, itu memerlukan keamanan web menyeluruh. Firewall adalah bagian penting dari keamanan itu.

Tapi apa yang dilakukan firewall situs web?

Bagian dari firewall situs web adalah basis data dari hacks dan eksploit yang telah dikenal yang telah dilakukan di situs web di masa lalu. Jika seorang pengguna kemudian mengunjungi situs web Anda dan mencoba hack yang diketahui, atau sesuatu yang sangat cocok dengan pola hack yang sebelumnya diketahui, firewall Anda akan melakukan intervensi. Maka akan a). mencegah peretas menarik data dari situs web Anda dan b). dalam banyak kasus, blokir alamat IP pengguna tersebut dalam upaya untuk menghentikannya kembali ke situs web Anda. Firewall adalah pahlawan yang diam.

Ada beberapa plugin keamanan dan firewall yang tersedia untuk situs WordPress, aplikasi keamanan terkemuka adalah ‘Keamanan Situs Web Lengkap’ oleh Sucuri dan WordFence . Sucuri juga memiliki opsi firewall terpisah yang tersedia untuk situs web dipesan lebih dahulu dan aplikasi berbasis data.

Tinggalkan komentar